PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION PADA XING FU TANG DI SURABAYA

Agustinus Kevin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing terhadap brand awareness dan purchase intention pada Xing Fu Tang di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada 216 responden calon konsumen di Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan cara menyebarkan pertanyaan dengan memberikan alternative jawaban untuk menjawabnya kepada responden dengan menggunakan media Google Form kemudian dianalisa menggunakan aplikasi SmartPLS dan SPSS. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa viral marketing memiliki perngaruh yang signifikan terhadap brand awareness, viral marketing berpengaruh positif dan purchase intention, dan brand awareness memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention.


Keywords


viral marketing, brand awareness, purchase intention

References


APJII. (2018). Survey jumlah penduduk Indonesia 2018. Retrieved from https://apjii.or.id/survei

Ferguson. (2010). Viral Marketing and content forwarding on social media. Arcada - University of Applied Sciences, 1-56.

Kotler, P. d. (2004). principles of marketing, tenth edition. New Jersey: Prentice Hall.

Skrob. (2005). Open Source and Viral Marketing : The viral marketing concept as a model for open source software to reach the critical. University of Applied Science Kufstein. Retrieved from https://www.fh-kufstein.ac.at

Andrologi, F. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty dan Dampaknya Terhadap Brand Equity. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Kotler, P. d. (2009). "manajemen pemasaran,"in manajemen pemasaran. 3.

Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen: konsep dan implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. jakarta: prenada media.

Bruno Schivinski, D. D. (2013). The Impact of Brand Communication on Brand Equity Dimensions and on Brand Purchase Intention Through Facebook. Department of Marketing, Faculty of Management and Economics, Gdansk University of Technology.

Ha, H. Y. (2004). Factors influencing consumer perceptions of brand trust online. Journal of Product & Brand Management. 329–342.

Husein, U. (2004). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kawa, L. W. (2013). Factors Affecting Consumer Decision-Making: A Survey of YoungAdults on Imported Cosmetics in Jabodetabek, Indonesia. The SIJ Transactions on Industrial, Financial & Business Management (IFBM).

Milad., K. (2012). The Effect of Electronic Word of Mouth, Trust and Perceived Value on Behavioral Intention from the Perspective of Consumers. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences.

Tandoh, I. &. (2015). The Impact of Sales Promotions on the Performance of Auto-Mobile Industries in Ghana: A Case Study of PHC Motors (AccraGhana) . 7, 11.

Thurau, T. H. (2004). Electronic Word-of-Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, Vol. 18 No. 1, 38–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.