PENGARUH PRODUCT QUALITY TERHADAP WORD OF MOUTH DAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PADA CUSTOMER GREENLY SURABAYA

Yvonne Audrey Purnomo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh product quality terhadap word of mouth dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi pada customer Greenly Surabaya. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jumlah respoden sebanyak 200 responden. Teknik analisis data menggunakan metode path analisis. Hasil penelitian membuktikan bahwa product quality berpenaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction, customer satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap word of mouth, product quality berpengaruh secara signifikan word of mouth, dan terdapat peran mediasi customer satisfaction pada pengaruh product quality terhadap word of mouth


Keywords


product quality, customer satisfaction, word of mouth

Full Text:

PDF

References


Ahmadinejad, B. (2019). The impact of customer satisfaction on word of mouth marketing (Case study: Bamilo online store). SCIREA Journal of Management, 3(2), 40- 53

Anjani, R., Juwaedah, A., & Setawati, T. (2016). Analisis hasil belajar “mengolah hot and cold appetizer atau salad” sebagai kesiapan tes uji kompetensi makanan kontinental pada siswa smk negeri 3 sukabumi. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, 5(1).

Bela, A. (2019). Bisnis F&B kian sehat berkat tren gaya hidup sehat. Retrieved from https://marketeers.com.

Fakharyan, M., Omdivar, S., Khodadadian, R.,M., Jalilvand, R., M., & Vosta, N., L. (2014). Examining the effect of customer-tocustomer interactions on satisfaction, loyalty, and word-of-mouth behaviors in the hospitality industry: the mediating role of personal interaction quality and service atmospherics. Journal of Travel and Tourism Marketing, 31, 610-626.

Khadka, K. and Maharjan, S. (2017) Customer satisfaction and customer loyalty. Thesis. Centria University Date of Applied Sciences.

Kotler, P. & Amstrong (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition, England: Pearson Education, Inc

Kotler, P. & Keller, L., K. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi, R. & Hamdani, A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Maramis, F., S., Sepang, J., L. & Soegoto, A., S., (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan knsumen pada PT. Air Manado, Jurnal EMBA, 6(3). 15-21.

Nugraha, A., A., F., Suharyono, & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen (studi pada konsumen kober mie setan jalan simpang Soekarno-Hatta nomor 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1).

Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Puspasari, A. (2014). Pengaruh kualitas produk terhadap word of mouth melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4).

Tjiptono, F. (2001).Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F.(2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media

Palupi, A. (2020). Tak cuma berolahraga, gaya hidup sehat harus diimbangi menjaga pola makan. Retrieved from https://www.dream.co.id

Pratama, N., B. (2016). Penaruh kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk terhadap kepusan konsumen dan dampaknya terhadap word of mouth. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 56-63.

Wijayanto (2019). Konsumsi Salad Greenly, puluhan orang keracunan dirawat di RS.Retrievedfromhttps://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/04/04/129627/konsumsi-salad-greenly-puluhan-orang-keracunan-dirawat-di-rs


Refbacks

  • There are currently no refbacks.