Pengaruh Faktor Sosio-Demografi, Motif Menabung dan Financial Literacy Terhadap Permintaan Asuransi Jiwa
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak— Kebutuhan akan asuransi jiwa semakin penting karena asuransi dapat memberikan proteksi secara finansial dalam tata kehidupan rumah tangga untuk menghadapi risiko kematian dini yang berakibat pada hilangnya sumber penghasilan. Permintaan akan asuransi jiwa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sosiodemografi (pendidikan, status pernikahan, jumlah tanggungan dan pendapatan), motif menabung (Precautionary, life cycle, bequest, wealth accumulation) dan financial literacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi permintaan asuransi jiwa di Surabaya. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang pemilik polis asuransi di Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah partial least square (PLS). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan status pernikahan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan asuransi jiwa di Surabaya, Sedangkan jumlah tanggungan, pendapatan, motif menabung dan financial literacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan asuransi jiwa di Surabaya
Keywords
Faktor demografi, Financial Literacy, Permintaan Asuransi Jiwa
Full Text:
Subscribers OnlyRefbacks
- There are currently no refbacks.