PENYUSUNAN MODEL BISNIS PADA HOTEL SUMMER BED AND BREAKFAST BANJARMASIN DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS
(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Business Model Canvas (BMC) saat ini dan merancang BMC yang telah dikembangkan pada Hotel Summer Bed & Breakfast Banjarmasin. Analisis yang dilakukan pada 9 elemen BMC yang terdiri dari customer segment, value proposition, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian dari identifikasi BMC yang baru menunjukkan gambaran perusahaan kedepannya mengenai 9 elemen BMC. Pada customer segment dapat ditambahkan pelanggan dari seluruh wilayah Kalimantan. Pada value propositions bisa ditambahkan visi dan misi perusahaan. Pada channels dapat ditambahkan departemen public realtion. Pada key resources dapat mempekerjakan seorang manajer sumber daya manusia. Pada customer relationship dapat membentuk loyalty program bagi pelanggan loyal
Keywords
Business Model Canvas; model bisnis; SWOT
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.