PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MOBIL TOYOTA AVANZA DI SURABAYA

Hendra Gunawan(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Toyota merupakan salah satu brand otomotif terkuat di Indonesia yang ditunjukkan dari tingginya pangsa pasar brand ini di Indonesia. Pada tahun 2018 terjadi penurunan penjualan yang signifikan pada salah satu jenis mobil brand Toyota yaitu untuk unit Avanza. Penurunan penjualan dapat disebabkan juga dari keputusan pembelian konsumen Toyota Avanza. Peneli- tian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputu- san pembelian. Penelitian dilakukan terhadap 100 res- ponden, dengan analisis regresi linier berganda. Hasil pe- nelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, pribadi, dan psikologis memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan faktor sosial tidak ber- pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.