PENGARUH KERJASAMA DENGAN PEMASOK DAN KONSUMEN TERHADAP KEBERHASILAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI INOVASI PADA IKM LOGAM DI NGINGAS KABUPATEN SIDOARJO

Alvin Chrisofer(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kerjasama dengan pemasok dan konsumen berpengaruh signifikan terhadap inovasi dan keberhasilan kewirausahaan pada IKM di Ngingas Kabupaten Sidoarjo; serta untuk mengetahui faktor inovasi berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan kewirausahaan pada IKM di Ngingas Kabupaten Sidoarjo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan mengĀ­gunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sampel adalah 100 pelaku IKM yang bergerak di pengolahan logam dan memiliki kerjasama dengan pemasok di Ngingas Kabupaten Sidoarjo. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square / PLS. Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Kerjasama dengan pemasok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap inovasi dan keberhasilan kewirausahaan pada IKM di Ngingas Kabupaten Sidoarjo, sedangkan Kerjasama dengan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap inovasi, namun tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan kewirausahaan pada IKM di Ngingas Kabupaten Sidoarjo, dan Inovasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan kewirausahaan pada IKM di Ngingas Kabupaten Sidoarjo.


Keywords


Faktor kerjasama dengan pemasok, Faktor kerjsama dengan konsumen, Inovasi, Keberhasilan kewirausahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.