STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA DEPOT CURLY CURRY

Adiatma Yang Adi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi lingkungan internal dan eksternal pada Depot Curly Curry serta menyusun rencana strategi pengembangan bisnis dengan matriks SWOT. Metode penelitian yang di lakukan adalah penelitian kualitatif. Data yang di peroleh berasal dari hasil wawancara pemilik Depot Curly Curry dan karyawan beserta konsumen dari Depot Curly Curry. Metode pengujian keabsahan data menggunakan trianguasi sumber.  Berdasarkan analisis SWOTkekuatan yang menjadi keunggulan bagi depot Curly Curry adalah lokasi yang strategis yaitu dekat dengan kampus, harga yang bersaing, dan jasa pesan antar. Kelemahan dari depot Curly Curry adalah: ruang depot yang sempit, jumlah AC yang belum memadai, dan jumlah sumberdaya manusia yang kurang. Peluang bagi depot Curly Curry untuk berkembang adalahjumlah mahasiswa Universitas Kristen Petra yang cenderung meningkat dan jumlah suplier yang banyak. Ancaman bagi depot Curly Curry untuk berkembang adalah jumlah pendatang baru, perkembangan pesaing, dan kenaikan komponen bahan baku. Berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal, strategi yang cocok dalam mengembangkan bisnis pada Depot Curly Curry yaitu: 1. Strategi pengembangan produk 2. Quality control 3. Sistem membership 4. Penambahan karyawan part-time 5. Sistem sewa jangka panjang 6. Marketing intelligence.


Keywords


Internal, eksternal, strategi pengembangan bisnis, analisa SWOT, matriks SWOT.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.