ANALISIS STRATEGI BERSAING UD. DUTA KERAMIK DI JEMBER
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang tepat untuk digunakan oleh UD. Duta Keramik dalam menghadapi persaingan bisnis yang ditinjau dari faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan ekstenal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Penentuan informan dipilih berdasarkan lama bekerja di UD. Duta Keramik. Dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal, didapatlah matriks SWOT yang berisikan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. Hasil dari analisis SWOT tersebut ditemukan strategi yang cocok untuk menghadapi persaingan di pasar, juga memberikan saran yang tepat agar UD. Duta Keramik bisa meningkatkan kualitas toko. Bedasarkan hasil penelitin, ditemukan hasil strategi yang tepat yaitu strategy cost leadership yang dianggap cocok dalam strategi bersaing dan dilihat berdasarkan tingginya minat daya beli konsumen terhadap rendahnya harga barang.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.