ANALISIS STRATEGI BERSAING UD. DUTA KERAMIK DI JEMBER

Grace Yolanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang tepat untuk digunakan oleh UD. Duta Keramik dalam meng­hadapi persaingan bisnis yang ditinjau dari faktor ling­kungan internal dan faktor lingkungan ekstenal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data meng­gu­na­kan metode wawancara semi terstruktur. Untuk menguji keab­sa­han data menggunakan teknik triangulasi sumber. Penentuan infor­man dipilih berdasarkan lama bekerja di UD. Duta Kera­mik. Dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal, dida­patlah matriks SWOT yang berisikan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman. Hasil dari analisis SWOT tersebut dite­mukan strategi yang cocok untuk meng­hadapi persaingan di pa­sar, juga memberikan saran yang tepat agar UD. Duta Kera­mik bisa meningkatkan kualitas toko. Bedasarkan hasil penelitin, dite­mukan hasil strategi yang tepat yaitu strategy cost leadership yang dianggap cocok dalam strategi bersaing dan dilihat ber­dasarkan tingginya minat daya beli konsumen terhadap rendah­nya harga barang.


Keywords


Strategi bersaing, lingkungan internal, ling¬ku¬ngan eksternal, matriks SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.