ANALISIS VARIAN PENERAPAN RSQS (RETAIL SERVICE QUALITY SCALE) DI TOKO RITEL TIPE 1 (TRANSMART) DAN TOKO RITEL TIPE 2 (HYPERMART/LOTTEMART)

Filia Marcelina(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas layanan toko ritel semakin menjadi tuntutan dan harapan pe­lang­gan. Ukuran layanan dapat terlihat dari kenyamanan pelayanan, keamanan pelaya­nan, kecepatan pelayanan, dan juga kemudahan pelayanan. Tujuan peneli­ti­an ini ada­lah yang pertama menganalisis varian respon tiap dimensi dan keseluruhan dimensi RSQS antara pengunjung toko ritel tipe 1 dan toko ritel tipe 2. Kedua menganalisis varian respon tiap dimensi dan ke­se­luruhan dimensi RSQS pengunjung dalam tipe toko ritel yang sama yaitu tipe 2. Jenis penelitian ini meru­pa­kan penelitian kuantitatif komparatif. Sam­pel berjumlah 150 dibagi di Hypermart, Lottemart, dan Transmart. Hasil penelitian me­nun­­jukkan perbedaan re­tail ser­vice quality scale yang signi­fi­kan toko ritel tipe 1 dan 2 pada dimensi Physical Aspect, Perso­nal Interaction, dan Problem Solving. Tipe 2 memiliki perbeda­an pada dimensi Physical Aspect, Reliability, Personal Interac­tion, dan Problem Solving.

Keywords


Kualitas layanan, RSQS (Retail Service Qua¬¬lity Scale), Ritel

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.