PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK PASAR CERUK PT WIJAYA MAKMUR MESIN UTAMA SEMARANG

Bobby Elfian Wijanarko(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran yang sesuai untuk pasar ceruk PT Wijaya Makmur Mesin Utama Semarang dan merevisi strategi apabila ditemukan adanya ketidakcocokan dengan situasi pasar sekarang ini. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menganalisa lingkungan internal, lingkungan eksternal melalui Porter’s five forces dan PEST dengan menggunakan SWOT, agar didapatkan strategi pemasaran yang sesuai untuk pasar ceruk PT. Wijaya Makmur Mesin Utama Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan observasi tak terstruktur. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa strategi yang disarankan untuk PT. Wijaya Makmur Mesin Utama Semarang adalah dengan menggunakan strategi intensif penetrasi pasar dan strategi intensif pengembangan pasar.

Keywords


Strategi pemasaran, pasar ceruk, analisa lingkungan internal, analisa ingkungan eksternal, SWOT, porter’s five forces, PEST

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.