FORMULASI STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN DIGITAL PRINTING
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Strategi bersaing menjadi salah satu kunci untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bersaing pada Perusahaan Digital Printing, dengan cara mengidentifikasi SWOT serta faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan purposive sampling. Analisis lingkungan eksternal dengan Porter’s Five Forces Analysis. Analisis lingkungan internal dengan cara menganalisis divisi perusahaan yaitu pemasaran, keuangan, produksi dan operasional perusahaan, dan sumber daya manusia. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan matriks SWOT yang dapat merumuskan beberapa strategi melakukan ekspansi ke kota lain, melakukan kontrak kerja dan memperluas koneksi, melakukan konseling dan training, merekrut SDM baru yang berkualitas dan kreatif, membatasi harga jual, membeli mesin baru dan memperluas bisnis ke advertising.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.