FORMULASI STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN DIGITAL PRINTING

Kevin Margono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi bersaing menjadi salah satu kunci untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bersaing pada Perusahaan Digital Printing, dengan cara mengidentifikasi SWOT ser­ta faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Jenis peneli­tian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data me­lalui wawancara dan dokumentasi. Penentuan narasumber wawancara menggu­nakan purposive sampling. Analisis lingkungan eksternal dengan Porter’s Five Forces Analysis. Analisis lingkungan internal dengan cara menganalisis divisi per­usahaan yaitu pemasaran, keuangan, produksi dan operasional perusahaan, dan sumber daya manusia. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan matriks SWOT yang dapat merumuskan beberapa strategi melakukan ekspansi ke kota lain, melakukan kontrak kerja dan mem­per­luas koneksi, melakukan konseling dan training, merekrut SDM baru yang berkualitas dan kreatif, membatasi harga jual, membeli mesin baru dan memperluas bisnis ke advertising.


Keywords


Strategi Bersaing, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.