ANALISIS PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY DAN EFFORT EXPECTANCY TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PADA ONLINE MARKETPLACE

Daniel Ivan Christiono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekarang ini banyak orang memanfaatkan kemajuan internet untuk ke­gi­a­tan berbisnis, yang biasa disebut dengan e-commerce. Jenis e-commerce yang ber­kem­bang di Indonesia adalah online marketplace. Tujuan dari penelitian ini adalah Un­tuk menganalisis pengaruh performance expectancy dan effort expec­t­an­cy yang po­s­itif dan signifikan terhadap behavioral intention pada online  mar­ketplace. Jenis penelitian yang digunakan adalah pe­ne­litian eksplanatori. Populasi dan sampel yang digunakan dalam pe­ne­li­ti­an ini adalah masyarakat di Surabaya yang pernah menggunakan on­li­ne mar­ke­t­place se­banyak 214 responden. Teknik analisis data yang digunakan da­lam pe­ne­li­tian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dalam pene­li­tian ini di­­temukan bahwa performance expectancy berpengaruh positif dan signi­fikan ter­hadap be­ha­vio­ral intention pada online marketplace, effort expectancy ber­pe­nga­ruh po­si­tif namun ti­dak signifikan terhadap behavioral intention pada on­line mar­ket­place, dan performance ex­­pectancy dan effort expectancy ber­pe­nga­ruh positif dan signifikan terhadap be­ha­vioral intention pada online marketplace.

 


Keywords


Performance expectancy, effort expectancy, behavioral intention

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.