IMPLEMENTASI DESIGN THINKING DALAM MEMBANGUN INOVASI MODEL BISNIS PERUSAHAAN PERCETAKAN

Tommy Aland Saputra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membagun Inovasi Model Bisnis berbasis Kanvas Model Bisnis dengan implementasi Design Thinking pada perusahaan percetakan di Surabaya. Design Thinking memiliki empat tahapan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu empathize, define ideate, dan prototyping. Inovasi Model Bisnis menggunakan Kanvas Model Bisnis dengan Sembilan elemen yang ada di dalamnya, yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Metode penelitian adalah analisa deskriptif kualitatif dengan ditunjang oleh pendekatan Design Thinking. Dari hasil analisa Design Thinking, informan pengguna menginginkan produk kertas yang tebal, motif dan gambar yang beranekaragam dan update, gambar kotak dapat digambar kartun agar dapat menarik minat anak-anak, warna yang cerah, lipatan kotak yang pas dan ukuran yang beragam. Design Thinking dapat membangun Inovasi Model Bisnis dengan memberikan tambahan nilai pada elemen value propositions yaitu: newness¸ customization, performance, problem solving, getting the job done dan design. Pada elemen customer relationship, perusahaan dapat menambahkan co-creation. Sedangkan pada elemen key activites, perusahaan dapat menambahkan aktivitas problem solving. Peneliti juga menjabarkan Inovasi Model Bisnis dengan melakukan perbaikan elemen-elemen Kanvas Model Bisnis yang peneliti rasa butuh diperbaiki

Keywords


Design Thinking, Inovasi Model Bisnis, Kanvas Model Bisnis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.