ANALISA MODEL BISNIS PADA RESTORAN PAPARIA KITCHEN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

William Johan Gondo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengembangkan model bisnis pada restoran Paparia kitchen dengan menggunakan Business Model Canvas. Setelah mengidentifikasi model bisnis dengan Business Model Canvas, maka akan dilakukan analisa pada setiap elemen yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure, dengan analisa S.W.O.T. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara. Dari hasil analisa Business Model Canvas, terdapat beperapa elemen dalam model bisnis yang dapat dikembangkan lebih lagi. Paparia Kitchen sudah memiliki nilai proposisi yang jelas, yaitu membuat makanan yang enak dan murah. Namun sebagai restoran perlu mencari cara lain untuk mengembangkan nilai proposisinya. Pemilik perlu membagi tugas kepada pegawainya supaya dapat fokus untuk mengembangkan restoran, karena masih banyak bagian operasional rutin yang dikerjakan oleh pemilik. Adanya peluang untuk melayani pelanggan baru di luar Maspion Square dengan merambah ke bisnis katering.

Keywords


business model canvas, model bisnis, SWOT, restoran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.