PERILAKU PERUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN MODAL SOSIAL PADA PT. LESTARI BAMBE PLASTIK
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku perusahaan dalam mengembangkan modal sosialnya yang dilihat dari dimensi kepercayaan, jaringan dan norma pada PT. Lestari Bambe Plastik yang merupakan perusahaan manufaktur dalam bidang Plastic Houseware yang berlokasi di daerah Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan metode wawancara pada direktur perusahaan, mandor utama, dua pemasok, dan dua pelanggan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial memiliki peran penting dalam perusahaan dan perusahaan sudah mengembangkan modal sosial sejak awal perusahaan tersebut didirikan. Pada dimensi kepercayaan, perusahaan menciptakan rasa percaya dengan prinsip kekeluargaan. Jaringan perusahaan telah terjalin dan berkembang dengan banyaknya koneksi. Dalam perusahaan juga telah terdapat norma dimana keuntungan-keuntungan dapat dirasakan oleh kedua belah pihak.
Keywords
Modal sosial, kepercayaan, norma, jaringan, perilaku
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.