PERILAKU PERUSAHAAN DALAM MENERAPKAN MODAL SOSIAL PADA PT. INDOTRANS SEJAHTERA

Selvi Anggriani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam membentuk suatu usaha, diperlukan modal sosial yang terdiri dari dimensi struktural, dimensi relasional, dimensi kognitif. Modal sosial bermanfaat untukmembentuk strategi pada perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan perilaku perusahaan dalam menerapkan modal sosial di PT. Indotrans Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada narasumber yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Indotrans Sejahtera telah menerapkan modal sosial pada setiap dimensi yang ada. Dimensi struktural dapat dilihat pada ikatan jaringan yang kuat dengan konsumen, suplier, dan internal perusahaan. Dimensi relasional dapat dilihat pada kepercayaan yang ada di PT. Indotrans yang diwujudkan dengan selalu menjaga kualitas BBM dan norma yang terbentuk dalam hal pembayaran.Dimensi kognitif menunjukkan bahwa dalam hal komunikasi tidak pernah terjadi kesalahpahaman.

Keywords


Modal sosial, dimensi struktural, dimensi relasional, dimensi kognitif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.