INOVASI MODEL BISNIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING PT X

Jessica Valencia(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas model bisnis PT X dan merumuskan ulang model bisnis PT X dalam rangka untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi-terstruktur. Teknik pemilihan narasumber menggunakan purposive sampling, uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian menggunakan pendekatan model bisnis kanvas. Model bisnis baru yang dihasilkan dari penelitian ini memiliki segmen konsumen secara geografis dengan proposisi nilai berupa harga yang kompetitif, kualitas yang baik, dan memberikan kemudahan bagi konsumen akhir untuk membawa produk. Saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi langsung. Hubungan antara perusahaan dengan konsumen melalui customer service. Aktifitas utama perusahaan adalah melakukan produksi beras dengan mengoptimalkan kapasitas produksi, dan menggunakan sumber daya utama berupa sumber daya fisik, modal, dan manusia. Perusahaan memiliki mitra tambahan yang membeli limbah produksi perusahan. Pendapatan perusahaan berasal dari penjualan beras, limbah produksi yang diproses kembali atau tidak, dan penyewaan mesin penggilingan jagung dan kopi, struktur biaya dibuat lebih berorientasi pada biaya variabel.


Keywords


Model bisnis, analisa model bisnis, model bisnis kanvas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.