ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI DEPARTEMEN MARKETING DAN HRD PT CAHAYA INDO PERSADA ARTIKEL ILMIAH JURNAL AGORA

Gabriele Gabriele

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan standar operasional prosedur (SOP) yang terjadi pada departemen marketing dan HRD di PT Cahaya Indo Persada. Jenis penelitian adalah kuliatatif dengan mengacu pada 7 hal pokok dalam SOP yang meliputi efisiensi, konsisten, meminimalisasi kesalahan, penyelesaiaan masalah, dan batasan pertahanan. Informan penelitian sebanyak 4 orang yaitu: manajer HRD, manajer marketing dan 2 karyawan marketing dan HRD. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil analisis menunjukan bahwa karyawan  departemen marketing dan HRD telah menerapkan SOP yang dibuat perusahaan. adapun tentang hal pokok dalam SOP departemen marketing dan HRD memiliki beberapa kekurangan pada bagian efisiensi dalamSOP marketing. Serta terdapat kekurangan pada bagian penyelesaiaan masalah, perlindungan tenaga kerja dan peta kerja pada SOP departemen marketing dan HRD.


Keywords


Standar operasional prosedur, efisiensi, konsisten, meminimalisasi kesalahan, penyelesaiaan masalah,peta kerja dan batasan pertahanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.