PENGARUH AUTHENTIC LEADERSHIP DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PT. TAMAN DELTA INDONESIA

JEFTA CHRISTIAN(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Authentic Leadership dan Komitmen Organisasional Karyawan pada PT. Taman Delta Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Authentic Leadership tidak memiliki pengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior. Akan tetapi,secara simultan Authentic Leadership dan Komitmen Organisasional Karyawan memiliki pengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior, namun Authentic Leadership memiliki pengarih negatif terhadap Organizational Citizenship Behavior.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian kausal dengan metode pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 70 karyawan PT Taman Delta Indonesia, yang dimana teknik pengambilan sampling dilakukan dengan cara purposive sampling technique. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liniera berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Secara parsial Authentic Leadership tidak berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior. (2) Secara parsial Komitmen Organiasional Karyawan berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior. (3) Secara simultan, Authentic Leadership dan Komitmen Organisasional Karyawan berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior.


Keywords


Authentic Leadership, Komitmen Organisasional Karyawan, Organizational Citizenship Behavior

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.