ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA STRADIVARI ORCHESTRA

Theresia Avila(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi bersaing menjadi salah satu kunci untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing pada Stradivari Orchestra, dengan cara mengidentifikasi SWOT serta faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Jenis peneliatian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Penentuan narasumber wawancara menggunakan purposive sampling. Analisis lingkungan internal dengan cara menganalisis divisi perusahaan yaitu pemasaran, keuangan, produksi dan operasional perusahaan, dan sumber daya manusia. Analisis lingkungan eksternal dengan Porter’s Five Forces Analysis. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan matriks SWOT yang dapat merumuskan beberapa strategi alternatif bagi perusahaan yaitu strategi untuk meningkatkan dan memperluas pemasaran dan menentukan strategi harga, meningkatkan pelayanan dengan memaksimalkan sumber daya, menjaga hubungan baik dengan pihak berkepentingan, menambah jumlah tenaga kerja dan membeli grand piano sendiri.

Keywords


Strategi Bersaing, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.