STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN DISTRIBUSI CONSUMER GOODS DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF

Senkli Martin Iskandar(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang dapat diterapkan oleh Subjek penelitian dalam mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yang menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Teknik keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi sumber. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.

Beberapa kompetitor memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Subjek penelitian, sehingga dapat menjadi ancaman. Namun Subjek penelitian memiliki banyak pelanggan dengan loyalitas yang tinggi didukung dengan aktivitas distribusi melalui armada transportasi yang memadai. Akan tetapi cakupan pelanggan hanya di sekitar area Malang, sedangkan terdapat beberapa kompetitor yang mendistribusikan produk keluar kota. Oleh karena itu, strategi bersaing yang diperlukan oleh Subjek penelitian adalah Focus Cost Leadership.


Keywords


Strategi Bersaing, Keunggulan Kompetitif, Consumer Goods, Distribusi, Family Business.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.