PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION PADA PENGGUNA DI SITUS TOKOPEDIA

Anita Tobagus(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagai bisnis yang berorientasi pada konsumen, maka dalam e-commerce kepuasan konsumen online adalah hal yang utama, yang dapat diwujudkan dengan adanya kualitas pelayanan online yang baik dari perusahaan. Maka penting diadakannya penelitian ini, dengan tujuan untuk mengetahui  pengaruh e-service quality terhadap  e-satisfaction. Selain itu juga, penelitian ini dilakukan  untuk mengukur  penilaian  pembeli terhadap e-service quality, dan e-satisfaction di situs Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket secara online, kepada pembeli di situs Tokopedia yang telah melakukan transaksi minimal 2 kali, dengan jumlah sampel sebanyak 137 orang. Teknik penarikan sampel yaitu nonprobability sampling dengan teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil  yang  diperoleh  pada  penelitian  ini adalah e-service quality berpengaruh  positif  dan signifikan terhadap e-satisfaction di situs Tokopedia.


Keywords


E-commerce, e-satisfaction, e-service quality

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.