PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PT. HIGH VOLT TECHNOLOGY BERDASARKAN BLUE OCEAN STRATEGY

Rosetta Dilla Prabowo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk men­­des­krip­si­­kan dan mengevaluasi strategi ber­sa­ing yang di­terapkan oleh PT. High Volt Technology saat ini, serta me­­ru­mus­kan stra­­­tegi bersaing yang sesuai bagi per­u­sa­ha­an. Metode pe­ne­litian yang di­gu­na­kan ada­­lah pe­ne­litian ku­a­litatif des­krip­­tif. Pengumpulan data dilakukan meng­gu­nakan wa­wan­­­­­ca­ra tidak terstruktur dengan me­mi­lih sa­les manager, sa­­les staff, dan project ma­­­na­­ger sebagai na­ra­sum­ber. Hasil pe­­nelitian menunjukkan bahwa stra­te­gi ber­saing yang di­te­rapkan oleh PT. High Volt Tech­no­lo­gy sa­at ini adalah stra­­tegi fokus dan branding. Dari ha­­­­sil eva­lu­asi terhadap stra­tegi bersaing perusahaan, diketahui bah­wa pe­nerapan stra­­­­­­tegi fokus dan branding membuat PT. High Volt Tech­no­­logy menjadi lebih fo­­­­kus melayani pe­langgan, serta mem­­­buat perusahaan semakin dikenal oleh pe­lang­­­­gan, na­mun di sisi lain, penerapan strategi ter­se­but juga membuat PT. High Volt Technology harus me­nge­­luarkan biaya ope­ra­­­­­sional yang besar. Selain itu, per­­­u­sa­­haan juga harus menghadapi persaingan yang ketat, ka­re­­na banyaknya pe­sa­­ing yang juga membidik pasar yang sa­­­ma. Oleh karena per­­­­ma­sa­lah­an tersebut, di­per­­­lukan ada­­­­nya perbaikan ter­ha­­­dap strategi bersaing yang telah di­­­­terapkan saat ini, dan per­­­lu untuk merumuskan strategi ba­­­ru menggunakan prin­­­­sip perumusan blue ocean strategy. Da­­ri perumusan stra­­tegi bersaing tersebut, stra­tegi baru yang da­­pat di­re­ko­­­mendasikan antara lain: meningkatkan pe­­­layanan, dan ke­­mampuan tek­­­nisi, memperluas pasar, dan membuka kan­­tor perwakilan.


Keywords


Strategi Bersaing, Blue Ocean Strategy, Kelistrikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.