INOVASI BISNIS DI PT CIPTA UNGGUL PRATAMA DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Steven Lie Chandra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui business model canvas saat ini dan gambaran business model canvas di masa depan agar lebih baik lagi, pada PT Cipta Unggul Pratama yang bergerak di bidang outsol sepatu. Analisis ini menggunakan 9 elemen pada business model canvas yang terdiri dari Customer segments, value proposition, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, cost structure.
Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara semi terstruktur. Dari hasil identifikasi 9 elemen dalam business model canvas yang baru di dapatkan oleh peneliti terdapat beberapa elemen yang perlu di tambahkan seperti target customer segment nya, lalu pada bagian value proposition permintaan khusus dari pelanggan, channels perlu memperluas akses informasi produknya kepada pelanggan, customer relationship memiliki reward kepada pelanggan yang loyal, key resources perusahaan memiliki pabrik sendiri dan memperhatikan kesehjateraan karyawan, key activities dan key partnerships serta cost structure perlu ditambahkan.

Keywords


model bisnis, SWOT, Business Model Canvas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.