PERANAN INOVASI PRODUK TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS PADA PT. MARTINA BERTO Tbk

Daniel Erwin Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi produk dan peranan inovasi produk pada PT. Martina Berto Tbk terhadap keunggulan bersaing dengan cara mengkaji ulang model bisnis yang selama ini dipakai oleh PT. Martina Berto Tbk dengan menggunakan sembilan elemen yang terdapat dalam business model canvas. Sembilan elemen tersebut adalah customer segments, value propotitions, channels, customer relationships, revenue streans, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structures. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif , menggunakan tiga narasumber, teknik pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data diperoleh melalui proses wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa PT. Martina Berto Tbk sudah berusaha melakukan inovasi produk seperti memproduksi lipstik Duo Lip Colour dan Eyeshadow Liquid, tetapi inovasi yang dilakukan belum sepenuhnya berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.

Keywords


Inovasi, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Business Model Canvas, Model Bisnis, SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.