FORMULASI STRATEGI UD. FOTO GAYA DALAM MENGHADAPI MASA PENURUNAN

YOVANI HARIJANTO(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan siklus kehidupan industri, semua industri dapat mengalami masa penurunan (decline). Salah satu contohnya adalah industri cuci cetak film fotografi. Masa kejayaan industri ini telah dicapai sebelum munculnya kamera digital dan smartphone. Dalam fase penurunan, penjualan akan semakin menurun dari hari ke hari yang disebabkan oleh beralihnya konsumen pada produk lain. Untuk itu diperlukan strategi untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada masa penurunan ini. Objek penelitian ini adalah UD. Foto Gaya yang bergerak pada bidang fotografi sejak 60 tahun yang lalu. Penelitian ini akan menganalisis lingkungan eksternal dan internal dari perusahaan kemudian memilih strategi yang paling tepat untuk dilakukan perusahaan dalam mengatasi masa penurunan ini.

                Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur pada informan. Informan dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Pengujian validitas dan realibilitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan menjadi dasar untuk dilakukannya analisis SWOT. Kemudian berdasarkan analisis SWOT telah dipilih strategi penurunan (Porter’s Declining Strategy) yang paling cocok untuk diterapkan pada perusahaan yaitu strategi kepeloporan dan ceruk. Strategi kepeloporan bertujuan untuk menjadi satu-satunya atau salah satu dari sedikit perusahaan yang masih bertahan dalam industri sedangkan strategi ceruk bertujuan untuk melayani segmen tertentu yang tidak saja mempertahankan permintaan yang stabil tetapi juga memungkinkan untuk memperoleh laba yang tinggi.

Keywords


Formulasi Strategi, Masa Penurunan, UD. Foto Gaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.