ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA PT. ANUGERAH DWI ABADI

Imano Santoso Putra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang sedang terjadi di perusahaan serta menyusun strategi pengembangan bisnis bagi perusahaan. Analisis lingkungan internal akan menganalisa tiap aspek di dalam lingkungan internal bisnis yaitu pemasaran, keuangan, produksi, dan sumber daya manusia. Sedangkan analisis lingkungan ekternal menggunakan analisa PEST yang berfokus pada faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi, dan Porter’s Five Forces Analysis. Selanjutnya akan dilakukan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Dari analisis SWOT akan dibentuk matriks SWOT yang nantinya dapat merumuskan beberapa alternatif strategi bagi perusahaan. Penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data primer berupa wawancara kepada beberapa informan perusahaan dan juga data sekunder yang berupa studi dokumen. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi bersaing yang paling tepat bagi perusahaan adalah strategi fokus, yaitu memfokuskan perusahaan pada segmen pasar yang lebih sempit serta menjaga efisiensi dan efektivitas produksi.

Keywords


Strategi Bersaing, Analisis PEST, 5 Kekuatan Bersaing Porter, Analisis SWOT, Matriks SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.