ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA PT. OMEGA INTERNUSA SIDOARJO

Cinthya Elika Putri(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan jangka panjang yang ingin dicapai dan menemukan posisi perusahaan dalam industri sehingga perusahaan dapat melindungi dirinya terhadap tekanan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi usaha yang sudah dimiliki oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat bertahan dari tekanan persaingan yang semakin ketat di pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur dengan menggunakan purposive sampling dalam memilih narasumber. Dalam menguji validitas data penulis menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa lingkungan eksternal menggunakan analisa PEST dan lima kekuatan Porter serta menggunakan lingkungan internal melalui fungsi bisnis. Kemudian melakukan analisis SWOT dan di matrikskan sehingga dapat menghasilkan beberpa alternatif dalam mengembangkan strategi bisnis untuk PT. Omega Internusa. Strategi yang tepat bagi perusahaan dalam hasil penelitian ini yaitu strategi intensif. Dengan strategi alternatif tersebut perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan serta dapat bertahan dalam menghadapi tekanan persaingan yang ada.

Keywords


Strategi bersaing, Analisis Lingkungan Internal, Analisis Lingkungan Eksternal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.