STRATEGI BISNIS PADA SUCCESS MOBIL MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SWOT

Dicky Budi Prawita(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi bisnis yang biasa disebut juga strategi bersaing bertujuan untuk menekankan pada perbaikan posisi persaingan produk barang atau jasa dalam industri sehingga perusahaan dapat melindungi dirinya terhadap para pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan strategi bisnis yang dapat digunakan oleh Success Mobil sehingga perusahaan dapat bertahan melindungi diri dari tekanan persaingan dan menjadi unggul dalam menghadapi para competitor di industri yang sama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur dan dalam memilih informan menggunakan purposive sampling. Dalam menguji validitas data penulis menggunakan triangulasi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa lingkungan eksternal menggunakan lima kekuatan Porter dan lingkungan internal melalui fungsi bisnis. Kemudian dilakukan analisis SWOT dan di matrikskan sehingga dapat menghasilkan alternatif strategi bisnis bagi Success Mobil. Dengan strategi alternatif tersebut perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan serta dapat bertahan dalam menghadapi tekanan persaingan yang ada.

Keywords


Strategi bersaing, Analisis Audit Internal, Analisis Audit Eksternal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.