ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI METODE COMPETITIVE POSITIONING ANALYSIS PADA PT SURYA POLYPLAS UTAMA

Surya Wignyo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada karya ilmiah ini peneliti ingin meneliti industri kantong plastik. Persaingan di industri plastik semakin meningkat dan untuk mempertahankannya dibutuhkan strategi yang baik, salah satunya dengan membuat keunggulan kompetitif melalui posisi di pasar. Pada penelitian ini, objek yang diteliti adalah PT Surya Polyplas Utama yaitu salah satu industri yang bergerak pada industri plastik di kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan strategi pengembangan bisnis dan untuk mendiskripsikan cara perusahaan memposisikan dirinya di pasar melalui  analisa competitive positioning. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, dan keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa arah strategi yaitu menjaga posisi yang dominan di pasar. Selain itu strategi pengembangan bisnis lebih mengandalkan kualitas plastik, teknologi produksi dan perusahaan memposisikan produknya sebagai produk berkualitas premium.

Keywords


Pengembangan Bisnis, Bauran Pemasaran, Analisa Porter Five Force’s, Analisa SWOT, Competitive Positioning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.