ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA UD. MOGA JAYA SURABAYA

Niken Indriany(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan pokok masyarakat akan pakaian selalu dipenuhi oleh industri garmen atau pakaian jadi. Saat ini, produk garmen tidak hanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan berpakaian, namun juga kebutuhan untuk memiliki gaya penampilan yang trendy atau up-to-date. UD. Moga Jaya merupakan perusahaan manufaktur B2B (business-to-business) yang bergerak di industri garmen. Selama ini, UD. Moga Jaya melayani pelanggannya dengan produk berupa kemeja dan celana pendek untuk pria. Penelitian ini dilakukan untuk menyusun suatu model bisnis yang baru bagi UD. Moga Jaya untuk melakukan pengembangan bisnis, dengan menggunakan pendekatan business model canvas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara pada lima narasumber. Penelitian ini membahas sembilan elemen business model canvas pada UD. Moga Jaya, dan melakukan analisis SWOT pada masing-masing elemen tersebut, serta membahas blue ocean strategy untuk UD. Moga Jaya. Hasil dari penelitian ini ialah susunan business model canvas baru yang dapat dijalankan oleh UD. Moga Jaya dalam melakukan pengembangan usaha.

Keywords


Business Model Canvas, Pengembangan Bisnis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.