ANALISA GAYA KEPEMIMPINAN DI PT. WIJAYA MAKMUR SENTOSA

Margareth Wilhelmina Wijaya

Abstract


PT. Wijaya Makmur Sentosa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian rokok, rokok yang didistribusikan adalah brand dari Sampoerna. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah PT. Wijaya Makmur Sentosa,  sedangkan subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah owner dan dua karyawan, terdiri dari satu supervisor dan satu karyawan senior.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan berdasarkan wawancara semi terstruktur untuk memperoleh data-data yang ada. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan di PT. Wijaya Makmur Sentosa ada tiga macam, yaitu Gaya Kepemimpinan Kharismatik, Gaya Kepemimpinan Transaksional, dan Gaya Kepemimpinan Transformasional. Tetapi dari tiga macam gaya kepemimpinan ini, ada satu gaya kepemimpinan yang paling menonjol, yaitu gaya kepemimpinan transaksional. PT. Wijaya Makmur Sentosa belum melakukan gaya kepemimpinan visioner.

Pemimpin PT. Wijaya Makmur Sentosa perlu membuat visi dan misi perusahaan serta lebih tegas dalam mengambil keputusan dan menghadapi karyawan.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan Transaksional, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan Visioner, Pemimpin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.