ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA CLICK FASHION

Jenni Jesica(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan eksternal dan internal pada Click Fashion serta menyusun rekomendasi strategi bisnis yang tepat pada Click Fashion.  Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif  dimana menggunakan metode. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penentuan narasumber dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dan menggunakan teknik triangulasi sumber dalam pengujian validitas data penelitian ini. Click Fashion merupakan salah satu toko grosir di bidang industri fashion (pakaian jadi) yang terletak di Pasar Kapasan Surabaya. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah Click Fashion sedangkan subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah owner dan 4 karyawan bagian pemasaran, bagian keuangan, bagian produksi/operasional dan bagian sumber daya manusia dari Click Fashion. Penjabaran analisa lingkungan ekternal menggunakan analisa Porter’s Five-Force Model. Sedangkan lingkungan internal menggunakan analisa fungsi manajemen pada masing-masing aspek bisnis yaitu pemasaran, keuangan, produksi, dan sumber daya manusia. Selanjutnya menggunakan analisa SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Dari analisa SWOT dapat  dibentuk matriks SWOT yang dapat merumuskan beberapa alternatif strategi bagi perusahaan. Akhirnya strategi pengembangan bisnis disusun berdasarkan 11 alternatif strategi yang diusulkan oleh David. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang paling tepat bagi perusahaan adalah strategi bisnis intensif yang di antaranya adalah pengembangan pasar dan penetrasi pasar.


Keywords


Strategi Bisnis, Manajemen, Analisa Porter’s Five-Force Model, Analisa SWOT, Matriks SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.