PERILAKU CV. ANUGERAH JAYA DALAM MENERAPKAN MODAL SOSIAL UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS

Yoshyanne Wihardja(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku perusahaan dalam menerapkan modal sosialnya. Modal sosial terdiri dari kepercayaan, norma, dan jaringan yang berguna untuk pengembangan binis karena dapat meningkatkan kepercayaan, menjaga hubungan kerjasama, dan memperluas jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Metode pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah menerapkan modal sosial di internal perusahaan dan eksternal perusahaan. Dimensi kepercayaan dibagi menjadi kepercayaan moralistik dan strategis. Perusahaan menerapkan kepercayaan moralistik kepada pemasok dan konsumen sedangkan dengan karyawan menerapkan kepercayaan strategis. Norma yang diterapkan oleh perusahaan adalah norma tertulis dan norma tidak tertulis. Jaringan kuat perusahaan berada pada karyawan, pemasok, dan konsumen yang rutin membeli produk, sedangkan jaringan lemah ada pada konsumen yang hanya beberapa kali membeli produk (tidak rutin).

 


Keywords


Modal sosial, kepercayaan, jaringan, norma, perilaku, pengembangan bisnis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.