ANALISIS MODEL BISNIS PADA RESTORAN YUNG HO DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Bella Natalie Surjogondokusumo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengembangkan model bisnis pada restoran Yung Ho dengan menggunakan evaluasi Business Model Canvas. Setelah mengidentifikasi Business Model Canvas, maka akan dilakukan analisis pada setiap elemen yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure, dengan analisis S.W.O.T. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam (semi terstruktur). Hasil analisa Business Model Canvas, terdapat beberapa elemen dalam model bisnis yang dapat dikembangkan lebih lagi. Restoran Yung Ho sudah memiliki nilai proposisi yang jelas, yaitu dengan memberikan makanan dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Namun dalam persaingan yang semakin ketat sebagai restoran perlu mencari cara lain untuk mengembangkan nilai proposisinya dan untuk dapat terus bertahan. Layanan setelah penjualan dapat diberikan kepada pelanggan. Demikian perlu pembenahan beberapa sistem pembelian dalam perusahaan sehingga dapat lebih fokus dalam pengembangkan restoran kedepan. Restoran Yung Ho dapat menangkap peluang pasar diluar seperti membuat katering rumahan dan menerima pesanan yang akan dibahas penulis dalam skripsi berikut.


Keywords


Business Model Canvas, Model Bisnis, SWOT, Bisnis Restoran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.