PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA DISTRIBUSI MAKANAN RINGAN PADA CV. TIMUR JAYA RAYA DI LOMBOK – NUSA TENGGARA BARAT

Fina Anggreni(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


CV. Timur Jaya Raya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang makanan ringan, yang mendistribusikan makanan ringan tersebut di beberapa daerah di Lombok, seperti daerah Praya, Bengkel, Santong, Penunjak, Sembeliye, Karangjasi, Mujur, Labuan Lombok, Sambelia, Kokopedik, Dasan Bagik dan Padangan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisa situasi lingkungan internal, eksternal, analisis SWOT dan untuk menentukan model strategi pengembangan yang cocok pada usaha distribusi makanan ringan CV. Timur Jaya Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Penetapan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan memilih tiga informan kunci yang benar-benar mengetahui kondisi perusahaan secara detail. Kemudian data diuji keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan CV. Timur Jaya Raya adalah  tidak pernah adanya penetapan strategi untuk kegiatan pemasaran serta adanya tingkat persaingan harga produk yang cukup tinggi terhadap perusahaan pesaing. Beberapa saran yang dapat di berikan kepada perusahaan adalah meningkatkan kerjasama dengan supplier, menetapkan strategi pemasaran guna meningkatkan omzet, dan mulai membuat jadwal meeting perusahaan.


Keywords


Pengelolaan dan Pengembangan, Analisis SWOT, Distribusi Makanan Ringan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.