FORMULASI STRATEGI BISNIS PADA PT. DUTA WARU KENCANA DENGAN PENDEKATAN SWOT ANALYSIS

Henry Gunawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis pada PT. Duta Waru Kencana dengan pendekatan SWOT Analysis di Waru. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dengan wawancara terhadap pihak internal PT. Duta Waru Kencana. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji reliabilitas data.Penjabaran lingkungan internal menggunakan analisis divisi antar perusahaan yaitu pemasaran, keuangan, produksi, dan sistem informasi manajemen. Analisis lingkungan eksternal menggunakan Porter Five Forces dan lingkungan jauh yang terdiri dari ekonomi, sosial, teknologi, dan ekologi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan matrik SWOT yang nantinya dapat merumuskan beberapa alternatif strategi bagi perusahaan. Akhirnya strategi pengembangan bisnis disusun berdasarkan strategi generik porter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang paling tepat bagi perusahaan adalah strategi kepemimpinan berbiaya rendah.

Keywords


Analisis SWOT, Matrik SWOT, Strategi Pengembangan Bisnis, Analisis 5 Kekuatan Porter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.