ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DI PT. EM ADVERTISING

Andy Dwi Hardi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. EM Advertising merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa periklanan di Surabaya, utamanya iklan dalam bentuk reklame. Seperti diketahui bahwa setiap orang butuh beriklan dan dewasa ini iklan dalam bentuk reklame terbukti masih menunjukkan adanya pertumbuhan, khususnya di Surabaya. Namun demikian tantangan yang ada bagi para pengusaha reklame rupanya cukup banyak utamanya berasal dari faktor politik dan sosial. Bergerak dari fenomena ini maka perlu disusun sebuah strategi pengembangan bisnis yang mampu menangkap peluang sekaligus mengatasi tantangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang sedang terjadi di perusahaan serta menyusun strategi pengembangan bisnis bagi perusahaan. Penjabaran lingkungan internal menggunakan analisa fungsi manajemen (planning, organizing, leading, dan controlling) pada setiap aspek bisnis yaitu pemasaran, keuangan, produksi, sumber daya manusia, dan sistem informasi manajemen. Analisa lingkungan ekternal menggunakan analisa PEST yang berfokus pada faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Selanjutnya dilakukan analisa SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Dari analisa SWOT akan dibentuk matriks SWOT yang nantinya dapat merumuskan beberapa alternatif strategi bagi perusahaan. Akhirnya strategi pengembangan bisnis disusun berdasarkan 11 alternatif strategi yang diusulkan oleh David.Penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data primer berupa wawancara kepada beberapa informan perusahan dan juga data sekunder yang berupa studi dokumen.Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang paling tepat bagi perusahaan adalah strategi intensif, yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk.

Keywords


Analisa PEST, Analisa SWOT, Matriks SWOT, Strategi Pengembangan Bisnis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.