FORMULASI STRATEGI BERSAING PADA CV. BERKAT

Shannen Cornelia Agatha(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk memformulasikan strategi bersaing untuk perusahaan penggilingan gabah guna menghadapi persaingan yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Penelitian ini menganalisis faktor lingkungan internal berdasarkan Resource Based View (RBV) yang menghasilkan intangible assets berupa reputasi perusahaan yang dinilai penting, otoritas perusahaan yang tersentralisasi, nilai kejujuran yang dianut oleh perusahaan dan pengetahuan tacid yang dimiliki karyawan serta tangible assets. Untuk analisis faktor lingkungan eksternal menggunakan Porter’s Five Forces yaitu hambatan masuknya pesaing baru yang tinggi, ancaman produk pengganti yang rendah, kekuatan tawar-menawar pembeli yang cukup tinggi, kekuatan tawar-menawar pemasok yang rendah, persaingan dengan pesaing yang sudah ada yang tinggi. Untuk perumusan strategi bersaing, digunakan matriks SWOT yang menghasilkan delapan alternatif strategi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa strategi yang disarankan untuk CV. Berkat adalah dengan melakukan market development, market penetration dan product development.

Keywords


Matriks SWOT, Porter’s Five Forces, Resource Based View, strategi bersaing.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.