MODEL BISNIS PADA CV FANG YANG WOOD MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Verlin Febrin Nyoto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan mendesain model bisnis baru dengan Business Model Canvas pada CV Fang Yang Wood yang bergerak di industri pengolahan kayu. Evaluasi akan dilakukan disetiap elemen Business Model Canvas yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure. Setiap elemen akan dianalisis menggunakan SWOT dan Blue Ocean Strategy. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa perusahaan, CV Fang Yang Wood dapat mengembangkan sembilan elemen lebih lanjut. Seperti pada elemen customer segments, perusahaan dapat melakukan ekspor jika dapat meningkatkan elemen value propositions, customer relationships, dan channels. Selain itu perusahaan dapat mengembangkan proses pengolahan limbah lebih lanjut agar menghasilkan revenue streams baru, hal ini akan mempengaruhi elemen key activities, key resources, dan key partneships. Semua pengembangan ini pastinya akan berdampak pada cost structure perusahaan.


Keywords


Blue Ocean Strategy, Business Model Canvas, Model Bisnis, SWOT.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.