PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA DISTRIBUSI PALAWIJA PADA PERUSAHAAN KELUARGA UD. SAMI BERKAT DI SITUBONDO

Fredric Susanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan dan pengembangan UD.Sami Berkat. UD Sami Berkat merupakan perusahaan keluarga yang bergerak dalam bidang distibutor palawija terutama jagung dan kacang hijau. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisa internal fungsi bisnis dan analisa eksternal Five Forces Porter Analysis untuk menghasilkan SWOT Matrix dan membuat formulasi strategi pengembangan UD. Sami Berkat.

            Hasil penelitian menghasilkan bahwa strategi S-O perusahaan adalah memasok barang lebih banyak dengan harga beli rendah, memperbesar jaringan penjualan, dan menyimpan dan mengolah barang lebih baik. Strategi W-O perusahaan adalah mengembangkan SDM dalam hal perekrutan dan pelatihan, memperbaiki sistem keuangan perusahaan,dan membuat standar kualitas biji-bijian secara tertulis. Strategi S-T perusahaan membentuk skala ekonomi lebih besar dan tidak terjebak pada price war tetapi fokus pada value kualitas bagi pembeli dan pemasok. Strategi W-T membentuk bagian audit dan perbaikan sistem renumerisasi.

            Oleh karena itu, formulasi strategi perusahaan adalah cost leadership tipe 2 yaitu, perusahaan menciptakan posisi kompetitifnya sebagai jasa distributor palawija melalui perluasan jaringan penjualan dengan berfokus pada price-value terbaik bagi pembeli dan pemasok.


Keywords


Pengelolan dan pengembangan, analisa internal dan eksternal, formulasi strategi, dan distribusi palawija.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.