FORMULASI STRATEGI USAHA MAKANAN RINGAN TRADISIONAL NY. GAN DI SURABAYA

Evan Pramono Ongkorahardjo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki perkembangan dan kontribusi yang besar pada perekonomian nasional, khususnya pada industri makanan. Ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh usaha yang bergerak di bidang makanan, seperti persaingan yang ketat, keuntungan yang kecil, penjualan yang menurun, dsb. Untuk itu perlu solusi strategi yang tepat guna mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Pada skripsi ini, peneliti melakukan penelitian terhadap usaha NY. GAN yang bergerak pada bidang makanan tradisional wingko dan teng-teng. Peneliti menganalisis lingkungan eksternal dan internal dari usaha NY. GAN. Dan dari hasil analisis tersebut, peneliti akan merumuskan alternatif strategi untuk usaha NY. GAN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan melakukan wawancara semi-terstruktur pada informan dengan teknik purposive sampling. Peneliti menguji validitas dan realiabilitas data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil dari analisis lingkungan eksternal dan internal dari usaha NY. GAN akan menghasilkan beberapa alternatif strategi, yang akan dianalisis lagi dengan analisis SWOT, lalu peneliti merumuskan strategi yang tepat guna mengembangkan usaha NY. GAN. Alternatif-alternatif strategi yang dirumuskan adalah strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, dan strategi penghematan.



Keywords


Formulasi Strategi, Pengembangan Usaha, Usaha NY. GAN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.