FORMULASI MODEL BISNIS PADA TOKO SINAR BANGUNAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Imelda Christiani Wongkar(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan model bisnis yang baru pada Toko Sinar Bangunan yang bergerak di bidang retail dan grosir bahan bangunan, menggunakan Business Model Canvas. Formulasi diawali dengan mengevaluasi ke sembilan elemen pada Business Model Canvas menggunakan analisis SWOT. Kesembilan elemen tersebut yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Dari hasil analisis SWOT diketahui bahwa elemen model bisnis yang sudah ada dapat dikembangkan lagi. Toko Sinar Bangunan dapat membangun jenis hubungan yang berbeda berdasarkan segmen pelanggan, menambahkan jenis produk, mengubah tampilan agar lebih menarik, serta menambah pemasukan dengan menyediakan jasa konsultasi bagi pelanggan yang ingin membangun, hingga membentuk kerjasama dengan pihak luar untuk membentuk aliansi strategis.


Keywords


Analisis SWOT, Business Model Canvas, Model Bisnis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.