STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA “YULIA BAKERY” SIDOARJO

Timotius Primawardana(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisa terhadap faktor lingkungan internal dan eksternal pada usaha berguna untuk mengetahui kekuatan kelemahan, peluang dan ancaman. Sehingga dapat diketahui hal-hal yang mempengaruhi dalam pengembangan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan internal dan eksternal melalui alat SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Penentuan narasumber menggunakan teknik purposive sampling.  Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian, Yulia bakery memiliki beberapa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang saling berkaitan. Penulisan merumuskan strategi pengembangan usaha yang sesuai dengan hasil analisis SWOT. Strategi yang dapat digunakan Yulia Bakery adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Pengembangan usaha yang dilakukan meliputi beberapa aspek, seperti pemasaran, keuangan, produksi dan SDM.

 

 


Keywords


Analisa lingkungan internal, analisa lingkungan eksternal, matrix SWOT, pengembangan usaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.