ANALISA PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO MOI COLLECTION

Feliciana Priyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif future business model canvas bagi Toko Moi Collection. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer segments saat ini yaitu segmented market. Value propositions yang tidak ada dalam BMC Toko Moi Collection yaitu cost reduction. Channels secara direct (channels sendiri) dan indirect (partner channels) serta melalui semua fase channels. Customer relationships saat ini yaitu personal assistance, dedicated personal assistance, communities dan self service pada future BMC. Revenue streams bersumber dari penjualan produk dan jasa penyewaan trolley pada future BMC. Key resources saat ini yaitu physical (counter kaca, kaca dan besi-besi, “bak” coklat, pick up, trolley dorong), intellectual (merek dan partnerships) dan human (karyawan) dengan tambahan mobil box dan teknologi pada future BMC. Key activities saat ini yaitu promosi pada hari besar serta melakukan distribusi dan perdagangan dengan menetapkan customer segment baru (pengguna onlineshop dan web), briefing dan memperbaiki sistem pembayaran pada future BMC. Key partnerships saat ini adalah supplier, customer dan rekan kerja dengan wholesale club pada future BMC. Cost structure dengan cost driven dan value driven serta fixed costs, variable costs, economies of scale serta economies of scope dengan perbaikan sistem pembayaran.

 

 


Keywords


business model canvas, model bisnis, current BMC, future BMC

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.