ANALISA STRATEGI BERSAING PADA BAKERY DONALSON DI MAKASSAR

Ong Kevin Gunawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bakery Donalson adalah perusahaan yang menjual produk roti dan kue yang berdomisili di Makassar. Pada skripsi ini, peneliti membahas tentang strategi bersaing pada usaha Bakery Donalson di Makassar. Masalah yang sedang dihadapai Bakery Donalson saat ini yaitu penurun penjualan karena adanya pesaing-pesaing besar yang sudah memiliki nama sebagai bakery terbaik seperti seperti Bakery Holland dan Dapur Cokelat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana data diperoleh dari wawancara dengan penentuan narasumber purposive sampling dan uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan Resource Based View, pendekatan Porter’s Five Forces Models dan Matriks SWOT. Hasil yang diperoleh dari analisa SWOT menunjukkan alternative yang bisa dirumuskan adalah mempertahankan kerjasama yang baik antara Donalson dan pemasok, meningkatkan kualitas produk Donalson (SO), melakukan promosi, membeli dan menjaga kualitas mesin (WO), melakukan inovasi produk (ST), melakukan promosi dan meningkatkan kualitas produk (WT).



Keywords


Resource Based View, Strategi Bersaing, Porter Five Forces Model

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.