STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA DEPOT RICE BOX (STUDI KASUS PADA ASPEK PEMASARAN)

Davin Aditya Santoso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisa terhadap faktor lingkungan internal dan eksternal pada suatu usaha berguna untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sehingga dapat diketahui hal-hal yang mempengaruhi dalam pengembangan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi Depot Rice Box. Sehingga dapat disusun strategi alternatif melalui alat SWOT yaitu matrix SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi pustaka, pengamatan atau observasi. Penentuan narasumber menggunakan teknik snowball sampling. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian, Depot Rice Box memiliki beberapa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang saling berkaitan. Peneliti mencoba membuat strategi yang sesuai dengan matrix SWOT untuk aspek pemasaran karena Depot Rice Box tidak memiliki strategi pemasaran yang optimal. Sementara untuk analisis lingkungan eksternal menggunakan Porter’s Five Forces, menunjukkan adanya ancaman persaingan perusahaan sejenis. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar Depot Rice Box melakukan kegiatan pemasaran yang lebih gencar, mengingat pasar belum jenuh terhadap produk Depot Rice Box.

 


Keywords


aspek pemasaran, analisa lingkungan internal dan eksternal, matrix SWOT, pengembangan usaha

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.