ANALISA STRATEGI FORWARD CONTRACT UNTUK PENETAPAN HARGA YANG EFISIEN DALAM PERSAINGAN PADA PT LABELINDO PERKASA

Charles Widjaya Sutanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi strategi forward contract dari Hedging Strategy dalam penetapan harga produk karena tidak tersedianya bahan baku yang dibutuhkan di Indonesia dimana transaksi menggunakan mata uang asing serta untuk membantu mengefektifkan dan mengefisiensikan pengelolaan produksi agar dapat mampu berkompetisi dalam persaingan pada PT Labelindo Perkasa. Penggunaan mata uang asing untuk transaksi bahan baku dan penggunaan mata uang lokal untuk penjualan hasil produksi PT Labelindo Perkasa menyebabkan profit margin perusahaan tidak menentu. Dengan menggunakan strategi forward contract untuk menahan nilai suatu mata uang dapat menjadikan permasalahan fluktuasi kurs mata uang menjadi lebih stabil dan lebih efisien serta dapat memaksimalkan operasional produksi dengan adanya jangka waktu selama sebelum perjanjian kontrak untuk mengevaluasi produksi agar memiliki kompetensi dalam persaingan bisnis.

Keywords


Forward Contract, Strategi Penetapan Harga, Efisiensi Produksi, Strategi Keuangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.