MODEL BISNIS PADA PT. INTEGRASI KREATIF SEMESTA (INCREASE), SURABAYA – JAWA TIMUR MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Johan Manuel Muliono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis dengan Business Model Canvas pada PT. Integrasi Kreatif Semesta yang bergerak di bidang konsultasi branding dan bisnis. Evaluasi akan dilakukan di setiap elemen Business Model Canvas yang terdiri dari customer segments, value propositions, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Dari hasil analisa yang telah digunakan untuk melihat bagaimana perusahaan dengan kacamata Business Model Canvas dapat diketahui elemen model bisnis yang dapat dikembangkan lagi dalam perusahaan. Perusahaan sudah memiliki nilai perusahaan yang baik yaitu menjadi Brand Best Friend namun perlu lebih mencari cara cara yang lain untuk menyampaikan nilai perusahaan. Perusahaan perlu menambah divisi baru seperti IT untuk pembuatan software maupun website dan juga menambah karyawan karena masih banyak bagian dalam perusahaan yang masih kosong. Dan untuk mengurangi biaya perusahaan dapat melakukan penggunaan alat alat elektronik yang lebih murah tetapi memiliki kualitas yang hampir sama supaya pengeluaran dapat lebih efektif dan efisien.


Keywords


Business model canvas, model bisnis, evaluasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.