EVALUASI ETIKA BISNIS TERHADAP STAKEHOLDER PADA CV XYZ

Yosua Alexander(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku etika bisnis perusahaan terhadap stakeholdernya karena dalam menjalankan proses bisnis setiap perusahaan akan selalu berhubungan dengan stakeholdernya, karenanya etika bisnis penting bagi perusahaan dalam berperilaku terhadap stakeholdernya sehingga perusahaan dapat terus melanjutkan proses bisnisnya. Begitupun CV XYZ sebagai perusahaan manufaktur yang bergerak dalam produksi shuttlecock memiliki stakeholder, diantaranya: pemerintah, pemasok, konsumen atau pelanggan, lingkungan dan masyarakat sekitar, dan pesaing.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, kemudian akan diuji dengan triangulasi sumber. Setelah data dikum-pulkan dan diproses, ditemukan bahwa perusahaan menganut etika deontologi sebagai filosofi etika bisnis, di mana terhadap pemerintah perusahaan sudah taat dengan peraturan pemerintah, terhadap pemasok perusahaan tidak pernah melanggar perjanjian, terhadap konsumen perusahaan selalu mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen, terhadap masyarakat sekitar perusahaan memberikan sumbangsihnya dan tidak ada dampak buruk terhadap lingkungan sekitar, dan dalam bersaing perusahaan bersaing dengan baik dan benar.


Keywords


Etika Bisnis, Deontologi, filosofi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.